< Mentor Massage > Jangan lupa belajar setiap hari, ulangi lagi pelajaran dari Sekolah. Blog ini akan mendampingimu untuk Mencapai Prestasi....!

Kamis, 22 November 2012

Manfaat Teknologi Dalam Kelas



Teknologi. Hal satu ini sangat akrab dengan kehidupan kita. Seperti pada artikel solusi edukasi sebelumnya di :
http://www.kesekolah.com/solusi-pendidikan/evolusi-teknologi-yang-digunakan-di-kelas.html
kita bisa lihat berbagai macam bentuk evolusi teknologi yang digunakan di kelas, dari tahun 1650 Horn-book (Papan kayu dengan pelajaran yang dicetak populer di era colonial), 1850 - 1870 - ferule: tongkat penunjuk papan tulis di sekolah, 1870 - Magic Lantern (cikal bakal dari slide proyektor), 1890 - Papan tulis hingga ke 1900 - Pensil dan lain sebagainya.

Bagaimana memanfaatkan teknologi yang sekarang kita punya di tahun 2012 ini, khususnya untuk mendukung belajar di kelas? Banyak kejadian yang menginspirasi kesekolah.com untuk sharing mengenai cara memanfaatkan teknologi melalui artikel kali ini. Inspirasi ini datang dari curhatan teman-teman guru danprincipal. Misalnya saking banyaknya bahan pelajaran yang harus diajarkan, guru cukup kewalahan untuk menyampaikan semuanya dalam 1 - 2 jam pelajaran. Atau tingkat kebosanan anak yang cenderung besar, membuat guru harus memikirkan cara unik dan kreatif untuk mentransfer pengetahuan yang diajarkan. Dari sisi principal,principal harus memastikan semua berjalan dengan baik; guru mengajar dengan baik, murid bisa menerima dengan baik dan bahan pelajaran tersampaikan dengan baik pula.

Sekali lagi, teknologi bisa menjadi salah satu alternatif solusi yang baik untuk hal ini. Manfaatkan teknologi dengan baik untuk menciptakan proses belajar mengajar yang efektif dan efisien. Berikut beberapa tips yang kiranya bisa diterapkan di kelas.

1. Maksimalkan peralatan teknologi yang ada 

Salah satu komplain dari siswa yang paling sering terdengar adalah ketika guru sedang menulis di papan tulis dan siswa tidak bisa melihat tulisannya dengan jelas, entah karena tulisannya terlalu kecil atau saking banyaknya catatan yang harus dibuat.

Hal ini bisa diminimalisir dengan teknologi papan tulis interaktif. Dengan cukup menambahkan satu alat kecil di projektor yang sudah ada di kelas, papan tulis, tembok atau papan keras apapun, bisa mengubah tampilan menjadi interaktif. Tulisan guru bisa diperbesar dengan zoom in. Dengan pencahayaan yang cukup bagus, murid akan melihat tulisan dan gambar yang ditampilkan dengan jelas, bahkan untuk murid yang duduk di baris paling belakang. Ada berbagai pilihan spidol dari warna dan ukuran besar kecil untuk menulis.

2. Manfaatkan Internet

Manfaatkan internet yang mostly sudah tersedia di sekolah. Dengan adanya internet, guru bisa lebih leluasa lagi untuk mengeksplorasi bahan pelajaran yang sedang dipersiapkan untuk diajarkan kepada para siswa. Ada banyak sekali data, sumber dan bahan untuk memperkaya mata pelajaran yang akan diajarkan. Untuk pelajaran biologi misalnya. Guru ingin mengajarkan bahan mengenai pergerakan amoeba. Guru persiapkan terlebih dahulu hal-hal mengenai amoeba dan diperlengkap lagi dengan video yang bisa dipersiapkan terlebih dahulu. Atau misalnya guru ingin menunjukkan data lengkap mengenai pertumbuhan penduduk dunia, tentunya tugas ini sangat terbantu dengan adanya internet.

3. Manfaatkan social media, youtube dan situs pendidikan 

Manfaatkan juga hal-hal yang sering kita lakukan dan membawanya untuk mendorong kreatifitas belajar. Salah satunya adalah social media danblogging. Eksplorasi mengajarkan siswa untuk menulis kreatif melalui ajangblogging. Bakat dan talenta anak pun tersalurkan dengan baik. Atau belajar mengenai jurnalistik. Guru bisa mengarahkan untuk langsung browsing ke salah satu situs pendidikan, mengambil contoh salah satu artikel yang disesuaikan dengan topik dan langsung menganalisa bersama-sama dengan siswa.

4. Pastikan semua pelajaran bisa di save 

Bagian terpenting dalam belajar adalah dokumentasi. Dengan pendokumentasian yang baik, memungkinkan murid untuk mempelajari mata pelajaran yang telah diajarkan. Pelajaran yang telah terekam dengan baik di kelas bisa disimpan, bisa dibagikan atau diakses langsung oleh siswa, sehingga siswa bisa mengulangnya kembali di rumah untuk mendapatkan pemahaman pelajaran secara tuntas.

Memadupadankan teknologi dengan pengajaran di kelas merupakan cara efektif untuk merangsang kreatifitas anak, sekaligus mendorong interaksi belajar aktif antara guru dan anak didik. Kesekolah.com percaya teknologi tidak membawa dampak buruk kepada siswa, jika dibarengi dengan arahan penggunaan dan pendampingan. Terlebih, teknologi bisa menjadi alat yang sangat bermanfaat untuk belajar kreatif dan pendorong ampuh bagi siswa untuk mengetahui berbagai hal baru dan baru lagi.

Oleh : Rosaria - www.kesekolah.com

0 komentar:

Posting Komentar

RESEP SUKSES BELAJAR

RESEP SUKSES BELAJAR

Math so Easy

MOTIVASI BELAJAR

MOTIVASI BELAJAR

Waktunya Belajar